ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN

Indonesia merupakan negara yang berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar ’45

Segala bentuk kegiatan di dalam negera kita memiliki aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, kehidupan yang beraneka ragam di negeri ini pasti menimbulkan perbedaan ,namun semua perbedaan dapat disikapi dengan bijak dan amanah.

Kehidupan di dalam urusan bisnis di negara inipun sudah di atur dengan sangat jelas, semua elemen yang tergabung dalam dinamika bisnis memiliki peran dan aturannya masing – masing. baik itu pengusaha maupun pekerjanya. Pengusaha merupakan cikal bakal terbentuknya kemajuan perekonomian disuatu negara dan pekerja juga merupakan jantung dari perkembangan ekonomi wilayah. Antara pengusaha dan pekerja harus lah memenuhi kewajiban dan hak nya masing masing.

Seorang pengusaha harus memberikan hak untuk pekerjanya begitupun pekerja memberikan hak untuk pengusahanya. kita tidak perlu terlalu meributkan “mana hak kita” sedang kita lupa pada hak orang lain.

Seorang pekerja harus taat dengan aturan begitupula para pengusaha yang taat pada peraturan negara bagaimana menyikapi dan memecahkan segala masalah.

Kewajiban seorang pekerja adalah bekerja sesuai aturan yang berlaku, menjaga aset perusahaan, bersikap jujur dan amanah, mampu mengendalikan diri dan berhati hati dalam bekerja agar tidak terjadi kesalahan sistem ataupun kecelakaan kerja, menjadikan tempat kerja sebagai ladang beramal juga berilmu sehingga bekerja melalui hati untuk selalu mendapatkan tambahan ilmu dan berkah nya.

Kewajiban seorang pengusaha adalah menyediakan lokasi kerja, membayar pajak, mengatur keadaan perusaaannya sehingga selalu terjaga fasilitas  kebersihan dan kesehatan tempat kerja,  memberikan upah yang layak, memberi kenyamanan tempat bekerja, bijaksana dan obyektif dalam memberikan keputusan, juga menaati segala aturan aturan pemerintah dan tidak melanggar hukum di indonesia.

dengan begitu kemajuan bisnis di negara kita akan terus berkembang jika kita mengetahui dan menjalankan segala hak dan kewajiban kita sebagaimana mestinya.

 

“Dibawah ini kami lampirkan informasi wajib lapor ketenagakerjaan secara online untuk perusahaan”

Permen 18 Tahun 2017 – Wajib Lapor by Online system