Problematika dunia bisnis dalam kacamata statistika

PROBLEM DUNIA BISNIS DALAM KACAMATA STATISTIKA

 

Sebuah ilmu baru dalam ilmu statistika yang telah diuraikan oleh salah satu Diaspora di Qatar beliau adalah Febriandi Rahmatullah S.Si dari Alumni Statistika UGM, beliau berbagi ilmu di acara silaturahmi MUNAS IKASTAT 2017 (Ikatan Alumni Statistika UGM) . Dalam uraian singkatnya disini dibahas beberapa problem dalam dunia bisnis saat ini. Berdasarkan beberapa riset beliau di beberapa perusahaan seperti dunia saham , telco ritel dan telco banking sebenarnya permasalahan antar perusahaan itu sama, dan terus berulang hanya case nya saja yang berbeda dan hasilnya karna produknya berbeda jenis namun masalahnya sama , diantaranya :

  1. Fraud / Manipulasi

Kejadian ini banyak terjadi dan mungkin hampir di seluruh instansi bisnis dari yang micro sampai makro memiliki peluang untuk terjadinya proses manipulasi, untuk menghindari terjadinya Fraud , diperlukan pengecekan / Audit secara berkala dan tingkatnya berbeda-beda semakin besar instansi bisnis maka skala audit harus diperkecil lingkupnya begitu pula sebaliknya.

  1. Kualifikasi management system yang salah

Management terkadang sering salah melakukan kualifikasi , sehingga terjadi timpang tindih dalam perekrutan dan begitupun dari expectasi salary. Semakin tinggi kualifikasi perusahaan akan memberikan salary yang lebih tinggi, padahal hal ini memungkinkan sang kualified itu cepat pergi atau pindah ke lain tempat dengan harga nilai yang lebih besar. Kejadian ini mungkin bisa diatasi dengan system project sehingga karyawan memiliki peluang sedikit untuk lari dari “medan tempur” saat ini. Atau bisa juga menggunakan benefit jangka waktu sehingga karyawan semakin betah di dalam bisnis tersebut. Namun hal ini kembali lagi ke kebijakan management dalam mengatasi solusi di area bisnisnya.

  1. Cost Down

Biaya adalah hal terpenting dalam bisnis , dengan prinsip para pakar ekonomi yang ingin menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan pengorbanan serta biaya yang sekecil kecilnya. Hal ini memungkinkan beberapa peluang terjadi kerusakan jika tidak dilihat dengan parameter yang benar. Karna tidak semua efisiensi berakhir dengan baik, bisa jadi efisiensi tersebut justru mengakibatkan kejadian kejadian yang mengurangi tingkat keamanan dalam bidang apapun. Cara terbaik melakukan efisiensi atau cost down ini adalah dengan riset berkala dan pengujian antar section atau bagian dalam bisnis tersebut.

Dari ketiga permasalah diatas semua sama biasa terjadi dalam dunia bisnis hanya beda cara kasus dan penyelesaiannya saja antar bisnis berbeda.